Dua Imam Fransiskan Papua Diutus sebagai misonaris ke Sudan Selatan

Pada tanggal 03 Februari 2023, dua imam Franiskan Papua, P. Timotius Sefire, OFM dan P. Agustinus Nuak Berek, OFM diutus sebagai misionaris ke Sudan Selatan. Perutusan kedua imam fransiskan ini dirayakan dalam Perayaan Ekaristi (Misa) di Kapela Provinsialat yang dipimpin oleh Minister Provinsi P. Gabriel, Ngga, OFM. Perayaan Ekaristi perutusan ini dihadiri oleh para saudara fransiskan yang berada di Jayapura serta keluarga dan sahabat kenalan dari kedua misonaris tersebut.

Dalam khotbah, Minister Provinsi OFM Duta Damai Papua, P. Gabriel Ngga, OFM menegaskan tiga hal penting untuk kedua pastor sebagai misionaris. Pertama, hendaknya menjaga kasih persaudaraan. Kasih persaudaraan diwujudkan di dalam pelayanan  kepada orang-orang dijumpai dan juga komunitas. Kehadiran mereka membawa kedamaian dan kegembiraan serta sukacita. Kedua, hendaknya memiliki keberanian di dalam pelayanan dan pewartaan seperti Yohanes pembabtisan sekalipun nyawa menjadi taruhannya. Ketiga, hendaknya berpegang teguh pada Yesus Kristus sebagai kekuatan dan semangat hidup di dalam pelayanan dan misi tersebut.

Berkat perutusan kepada kedua saudara yang akan ke Sudan Selatan, diterimakan kepada P. Timotius Sefire, OFM yang mewakili P. Agustinus Nuak Berek, OFM yang tidak hadir. Bermisi ke Sudan Selatan adalah pengalaman yang baru dan pertama bagi kedua pastor fransiskan ini. Sebelum menjadi misionaris ke Sudan Selatan. Pater Timotius Sefire, OFM pernah menjadi misionaris di Myanmar pada Februari 2016-2021. Bermisi ke Sudan Selatan merupakan pengalaman sebagai misionaris yang kedua. Sedangkan Pater Agustinus Nuak Berek, OFM sebelumnya bertugas sebagai pastor di Moanemani dan Sempan, wilayah Keuskupan Timika.

Uskup Emeritus Keuskupan Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM  pada kesempatan itu juga memberikan salib perutusan kepada P. Timotius Sefire dengan mengatakan  “Duc In Altum”  yang  artinya bertolaklah ke tempat yang dalam. Hal ini dipahami ‘masuk ke dalaman  hati orang’ agar mengenal dan merasakan hidup mereka di dalam pelayanan dan pewartaan.

Selamat bermisi dan berkarya di tanah misi untuk P. Timotius Sefire, OFM dan P. Agustinus Nuak Berek, OFM di Sudan Selatan. Sehat dan bahagia selalu dalam karya pewartaan kabar gembira di tanah misi yang baru. Doa kami selalu menyertai perjalanan dan misi pater berdua.

Berita ini juga dimuat di: https://ofm-papua.org

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *