Uraian Doa “Bapa Kami” St. Fransiskus Assisi

Ya Bapa kami yang mahakudus: pencipta, penebus, penghibur dan penyelamat kami.

Yang ada di surga: di dalam para malaikat dan para kudus, Engkau menerangi mereka untuk mengenal-Mu karena Engkau adalah terang, ya Tuhan. Engkau mengobarkan mereka untuk mengasihi karena Engkau adalah kasih, ya Tuhan. Engkau tinggal di dalam mereka dan memenuhi mereka untuk berbahagia karena Engkaulah yang paling baik, ya Tuhan. Engkau baik untuk selamanya, tanpa Engkau tidak ada yang baik satu pun.

Dimuliakanlah nama-Mu: semoga semakin jernih kami mengenal Engkau, agar kami mampu menyelami betapa luasnya anugerah-Mu, betapa panjangnya janji-janji-Mu, betapa tingginya keluhuran-Mu dan betapa dalamnya keputusan-keputusan-Mu.

Datanglah kerajaan-Mu: agar Engkau meraja di dalam diri kami karena rahmat-Mu, dan membawa kami masuk ke dalam kerajaan-Mu; di sana kami akan memandang Engkau dengan jelas, akan mengasihi Engkau dengan sempurna, akan berbahagia dalam persekutuan dengan-Mu dan merasakan betapa nikmatnya Engkau untuk selama-lamanya.

Jadiah kehendak-Mu di atas bumi seperti dalam surga: agar kami mengasihi Engkau dengan segenap hati, dengan selalu mengarahkan pikiran kepada-Mu; dengan segenap jiwa dengan selalu merindukan Engkau; dengan segenap budi dengan mengarahkan seluruh minat kami kepada-Mu, serta berusaha memuliakan Engka dalam segalanya; dengan segenap tenaga kami, dengang mengerahkan semua kekuatan kami, segenap perasaan jiwa serta raga kami untuk bakti kasih kepada-Mu saja dan bukan untuk hal lainnya.

Agar kami mengasihi sesama kami seperti juga diri kami sendiri, sambil mendorong mereka semua sekuat tenaga untuk mengasihi Engkau, dan bergembira karena yang lain beroleh untung seperti kalau kami sendiri beroleh untung, dan sambil ikut bersedih bersama mereka yang ditimpa kemalangan, serta tidak menyebabkan seorang pun tersandung.

Rezeki kami sehari-hari: ialah Putra-Mu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus,. Berikanlah kepada kami hari ini; agar kami mampu mengingat, memahami dan menghormati cinta kasih-Nya kepada kami serta segala yang telah dikatakan-Nya, diperbuat dan diderita-Nya bagi kami.

Dan ampunilah kesalahan kami: karena belas kasih-Mu yang tak terperikan, karena daya kekuatan sengsara Putra-Mu yang terkasih, dan karena jasa serta perantaraan Santa Perawan Maria dan semua orang pilihan-Mu.

Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami: apa yang tidak kami ampuni sepenuhnya, buatlah, ya Tuhan, agar kami ampuni sepenuhnya; agar kami sungguh-sungguh mengasihi musu kami karena Engkau dan dengan bakti berdoa bagi mereka di hadapan-Mu, dan tidak membalas kejahatan seorang pun dengan kejahatan tetapi mengusahakan apa yang menguntungkan bagi semuanya di dalam Engkau.

Dan janganlah masukan kami ke dalam pencobaan: yang tersembunyi atau yang kelihatan, yang mendadak atau yang tak menentu waktunya.

Tapi bebaskanlah kami dari yang jahat: yang sudah lalu, saat ini, dan yang akan datang.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

Disadur dari Buku “Karya-Karya Fransiskus dari Assisi”

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *