Para Sahabat St. Fransiskus Assisi Belajar Mendalami Iman dan Media

Dewan Penginjilan dan Misi Provinsi St. Fransiskus Duta Damai Papua mengadakan Kegiatan Temu Kerabat Muda St. Fransiskus. Para Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah orang muda katolik dari Paroki St. Clara Taja-Lereh, Paroki Sang Penebus Sentani, Paroki St. Petrus dan Paulus Argapura dan Paroki St. Fransiskus Assisi APO Jayapura. Selain itu peserta dari dari siswa-siswi SMP dan SMA St. Antonius Padua Sentani. Pada tahun 2018, Dewan Penginjilan dan Misi St. Fransiskus Duta Damai Papua mengajak para kaum muda atau sahabat Fransiskus Assisi untuk mendalami tema kegiatan “Peran Media Sosial dalam Pendidikan Iman Orang Muda dan Upaya Membangun Kesadaraan Bermedia”. Tema ini direfleksikan selama tiga hari, Jumat – Minggu (2-4 November 2018).

“Tema ini sangat membantu kaum muda untuk bisa mengetahui secara benar dan tepat tentang berita-berita yang dimuat di media, baik itu media cetak, audio visual, internet dan lain sebagainya”, ungkap Sekretaris Dewan Penginjilan dan Misi Fransiskan Duta Damai Papua Pater Tarsisius Lengari, OFM

Hal ini dipertegaskan oleh salah satu pemateri dari kegiatan ini Dax Sianturi. Menurut Dax, kaum muda perlu menyikapi berita hoax yang terus menerus berkembang. Kaum muda jangan terlalu begitu cepat dan gampang menkonsumsi berita-berita yang ada.

“Berita hoax sebagai “Jembatan” mencari kebenaran. Artinya perlu menyikapi  informasi hoax tersebut.  Dengan menerima informasi, janganlah kita telan informasi tersebut mentah-mentah,  sebaiknya jadikanlah informasi Hoax  itu sebagai “informasi awal” bagi kita untuk mencari kebenaran atau fakta sesungguhnya”, jelas Dax Sianturi dalam pemaparan materinya.

Selain mendengarkan dan mengikuti materi di ruangan, para peserta juga diajak oleh panitia untuk bermain di halaman. Berbagai macam permainan yang disiapkan oleh panitia seperti lomba lari karung, gigit sendok yang diisi kelereng, terong bola, merayap di lumpur, dan lain sebagainya.

Kegiatan temu kerabat muda ini diakhiri dengan Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Minister Provinsi Fransiskus Duta Damai Papua Pater Gabriel Ngga, OFM di Aula Semadi St. Klara Sentani.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan 4 kali. Biasanya kegiatan ini dalam rangka merayakan Hari Raya St. Fransiskus Assisi, 4 Oktober. Karena beberapa alasan, waktu pelaksanaan selalu bergeser. Kegiatan ini dilaksanakan di Kompleks Biara St. Antonius Padua Sentani. Model kegiatan ini, bersifat kemping rohani dan dihadiri oleh para sahabat St. Fransiskus Assisi sebanyak 280 anak muda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *